Jumat, 15 November 2013

Pengertian Informasi dan Search Engine


PENGERTIAN INFORMASI



”Knowledge is Power”. Pepatah ini sudah sering kita dengar, tapi Bill Gates ternyata tidak sependapat. Menurut Bill Gates dalam bukunya Business @ the Speed of Thought, informasi yang di-share-lah yang memiliki kekuatan dahsyat, karena informasi ini telah berubah dari informasi pasif (yang hanya berada di kepala masing-masing orang, ataupun yang tersimpan dalam file) menjadi informasi aktif, yaitu informasi yang bisa memberi nilai tambah bagi kegiatan misalnya bisnis perusahaan. Informasi sudah menjadi salah satu sumber daya dari sekian banyak sumber daya.
Berikut ini akan disampaikan beberapa pengertian informasi dari berbagai sumber.
1.    Menurut Gordon B. Davis dalam bukunya Management Informations System : Conceptual Foundations, Structures, and Development menyebut informasi sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata, berupa nilai yang dapat dipahami di dalam keputusan sekarang maupun masa depan.
2.    Menurut Barry E. Cushing dalam buku Accounting Information System and Business Organization, dikatakan bahwa informasi merupakan sesuatu yang menunjukkan hasil pengolahan data yang diorganisasi dan berguna kepada orang yang menerimanya.
3.    Menurut Robert N. Anthony dan John Dearden dalam buku Management Control Systems, menyebut informasi sebagai suatu kenyataan, data, item yang menambah pengetahuan bagi penggunanya.
4.    Menurut Stephen A. Moscove dan Mark G. Simkin dalam bukunya Accounting Information Systems : Concepts and Practise mengatakan informasi sebagai kenyataan atau bentuk bentuk yang berguna yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis.

Dari keempat pengertian seperti tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.





SEARCH ENGINE

Search Engine atau Mesin Pencari adalah salah satu program komputer yang dirancang untuk mencari informasi di dunia maya.
Dengan search engine tersebut kita dapat mencari berbagai informasi yang kita inginkan dari seluruh dunia, jadi dengan adanya search engine ini sangat memudahkan bagi kita untuk mencari data.

CONTOH-CONTOH SEARCH ENGINE  



1.  Google 
Pengertian : GOOGLE artinya ialah mesin pencari di Internet dan merupakan nama search engine di Internet. Selain untuk sebuah mesin pencari, google juga mengembangkan sayapnya dengan memperlebar sistem pencarian Newsgroup/NNTPGambar, kemudian Froogle untuk pencarian harga-harga barang, dan kini membuat layanan web-base email Gmail dengan pendekatan kapasitas yang cukup besar, conversation dan user interface lebih cepat dibanding webmail yang lain. 
Kelebihan Google
1.         Simple, tampilan google sangat sederhana, tanpa iklan dan news sehingga tidak membingungkan. Sekali masuk 100% pasti akan melakukan aktifitas pencarian.
2.         Google memudahkan pencarian menggunakan kata kunci yang relevan. Hanya beberapa detik saat kita mengetikkan kata kunci, google menawarkan beberapa kata kunci populer dan relevan yang mungkin Anda inginkan.
3.         Google mendukung web service. Layanan ini diperuntukkan bagi software developer. Dengan mengetahui tentang web service suatu mesin pencari, Anda tidak perlu membuat mesin pencari sendiri untuk membuat aplikasi yang support pencarian di web misal browser firefox, Yahoo Messenger atau flock. Aplikasi-aplikasi tersebut support pencarian.
4.         Google melakukan pengindexan suatu halaman website secara berkala. Sehingga saat kita update web, google dipastikan akan datang berkunjung untuk melakukan indexing.
5.         Sekarang google support terhadap pencarian berdasarkan lokasi pengunjung (localized search). Contohnya jika anda ketikkan google.com di indonesia, maka akan muncul ke google.co.id.
6.         Sangat enteng dan cepat diakses.

Kekurangan Google
1.         Perkembangan website yang sangat cepat tidak mendapat bandingan dari kecepatan index google, sehingga kadang artikel yang kita buat sekarang baru terindex beberapa menit bahkan sampai berhari-hari.
2.         Kadangkala hasil pencarian tidak relevan, meskipun google telah berusaha menampilkan hasil yang relevan. Kadang hasil pencarian hanya membuat kita berputar dari web ke web yang lain.
3.         Aktifitas link spamming yang tidak terbendung untuk mengangkat posisi website jika tidak bisa dibedakan search engine dengan link natural akan menyebabkan akurasi pencarian melemah.
4.         Tidak bisa mengindeks halaman tertentu. Beberapa website yang memakai konten dinamis tidak bisa diindex. Biasanya website seperti ini dihalangi oleh form yang mengharuskan inputan. Form inilah yang menyebabkan website dimanis sulit terindex dengan baik.

 2.  Yahoo

-Pengertian:Yahoo! Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di SunnyvaleCalifornia (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.

Yahoo dirintis oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan diresmikan sebagai badan hukum pada tanggal 1 Maret 1995. Pada tanggal 13 Januari 2009, Yahoo mengangkat Carol Bartz, mantan kepala eksekutif Autodesk, sebagai kepala eksekutif dan anggota dewan direksi Yahoo yang baru. tetapi yahoo juga memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan , yaitu:
-Kelebihan:
1. sebagai surat menyurat
2. salah satu web yang menyediakan fasilitas gratis.
3. banyak fasilitas yang disediakan,
4. berhubungan dengan orang lain lebih mudah dan banyak yang menanggapi karna termasuk situs lokal

-Kekurangan:
1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2. sering disalahgunakan karna terlalu mudah membuat ID
3. Skin untuk YM masih sangat simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak 

3.  Webcrawler

 -Pengertian: Sebuah web crawler adalah program otomatis yang relatif sederhana, atau script, yangmetodis scan atau "menjelajah" melalui halaman internet untuk membuat indeks dari data itu cari; program-program ini biasanya dibuat untuk digunakan hanya sekali, tetapi mereka dapat diprogram untuk penggunaan jangka panjang juga. Ada beberapa kegunaan untuk program ini, mungkin mesin pencari paling populer yang menggunakannya untuk memberikan peselancar web dengan situs yang relevan.Pengguna lain termasuk ahli bahasa dan peneliti pasar, atau setiap orang yang mencoba untuk mencari informasi dari internet dengan cara yang terorganisasi. Nama alternatif untuk web crawler termasuk web spider, web robot, bot, crawler, danpengindeks otomatis. Program crawler dapat dibeli di Internet, atau dari banyak perusahaan yang menjual perangkat lunak komputer, dan program dapat didownload untuk kebanyakan komputer. 
-Kelemahan :

Mengingat dia sejatinya mesin atau program, kita mesti menyesuaikan (semisal konten yang berguna) agar web crawler juga tahu bahwa halaman yang sedang dijelajahinya berisi informasi bermanfaat. Sebab, mesin web crawlerc menandai proses-proses tertentu dalam situs sebagai kelemahan. Misalnya, halaman-halaman yang lamban saat dipanggil mungkin dilewati begitu saja. Atau, lantaran konfigurasi situs tidak terlalu bagus membuat si web crawler kurang efisien kala mengeksplorasi. Lalu, dia lebih fokus pada beberapa halaman dan melewatkan yang lain padahal mungkin isinya penting. Ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi situs ritel besar yang banyak mengandung konten dinamis, yaitu halaman web yang kompleks (misalnya konten yang dipersonalisasi).

-Kelebihan : 
Proses sebuah web crawler untuk mendata link – link yang terdapat didalam sebuah halaman web menggunakan pendekatan regular expression. Crawler akan menelurusi setiap karakter yang ada untuk menemukan hyperlink tag html (<a>). Setiap hyperlink tag yang ditemukan diperiksa lebih lanjut apakah tag tersebut mengandung atribut nofollow rel, jika tidak ada maka diambil nilai yang terdapat didalam attribute href yang merupakan sebuah link baru.

4. MSN

 -Pengertian : MSN adalah search engine yang ada pada umumnya ( dari Mics )

Kelebihan dan kekurangan sama dengan SE lain di email seperti Yahoo! ( ymail ) Google ( Gmail ) dan lain lain.

Sehingga dapat kita simpulkan msn sama seperti yang lainnya.

-KELEBIHAN 
1.             mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam formatfile spesial.
-KEKURANGAN 
1.             pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2.   Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya

5.Live Search
Pengertian:  Pengembangan yang terus dilakukan oleh Microsoft menghasilkan keputusan untuk memisahkan mesin pencari dengan Windows Live. Pada akhirnya Microsoft mengubah nama mesin pencarinya menjadi Live Search, yang kemudian dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter. Reorganisasi yang dilakukan ini, menimbulkan banyak perubahan dalam kebijakan, misalnya menghentikan beberapa produk seperti W Expo, Live Search Macros, dan sebagainya.
6.Looksmart
-Pengertian ;search engine ini adalah mesin yang di tangani secara manual
-Kelebihan:menyediakan produk iklan dan layanan pada masyarakat
-kekurangan: search engine ini tidak gratis/berbayar

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar