PENGERTIAN
INFORMASI
”Knowledge
is Power”. Pepatah ini sudah sering kita dengar, tapi Bill Gates
ternyata tidak sependapat. Menurut Bill Gates dalam bukunya Business
@ the Speed of Thought, informasi yang di-share-lah yang memiliki kekuatan dahsyat,
karena informasi ini telah berubah dari informasi pasif (yang hanya berada di
kepala masing-masing orang, ataupun yang tersimpan dalam file) menjadi
informasi aktif, yaitu informasi yang bisa memberi nilai tambah bagi kegiatan
misalnya bisnis perusahaan. Informasi sudah menjadi salah satu sumber
daya dari sekian banyak sumber daya.
Berikut ini akan disampaikan beberapa pengertian informasi dari
berbagai sumber.
1. Menurut Gordon B. Davis dalam
bukunya Management Informations System : Conceptual Foundations, Structures,
and Development menyebut informasi sebagai data yang telah diolah
menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata, berupa nilai yang dapat
dipahami di dalam keputusan sekarang maupun masa depan.
2. Menurut Barry E. Cushing dalam buku Accounting
Information System and Business Organization, dikatakan bahwa informasi
merupakan sesuatu yang menunjukkan hasil pengolahan data yang diorganisasi dan
berguna kepada orang yang menerimanya.
3. Menurut Robert N. Anthony dan
John Dearden dalam buku Management Control Systems, menyebut informasi
sebagai suatu kenyataan, data, item yang menambah pengetahuan bagi
penggunanya.
4. Menurut Stephen A. Moscove dan
Mark G. Simkin dalam bukunya Accounting Information Systems : Concepts and
Practise mengatakan informasi sebagai kenyataan atau bentuk bentuk yang berguna yang
dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis.
Dari keempat pengertian seperti tersebut di atas dapat
disimpulkan bahwa informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk
yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu
kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk
pengambilan suatu keputusan.
SEARCH ENGINE
Search Engine atau Mesin
Pencari adalah salah satu program komputer yang dirancang untuk mencari
informasi di dunia maya.
Dengan
search engine tersebut kita dapat mencari berbagai informasi yang kita inginkan
dari seluruh dunia, jadi dengan adanya search engine ini sangat memudahkan bagi
kita untuk mencari data.
CONTOH-CONTOH SEARCH ENGINE
1. Google
Pengertian : GOOGLE artinya ialah mesin pencari di Internet dan merupakan nama search engine di Internet. Selain untuk sebuah mesin pencari, google juga mengembangkan sayapnya dengan memperlebar sistem pencarian Newsgroup/NNTP, Gambar, kemudian Froogle untuk pencarian harga-harga barang, dan kini membuat layanan web-base email Gmail dengan pendekatan kapasitas yang cukup besar, conversation dan user interface lebih cepat dibanding webmail yang lain.
Kelebihan Google
1. Simple,
tampilan google sangat sederhana, tanpa iklan dan news sehingga tidak
membingungkan. Sekali masuk 100% pasti akan melakukan aktifitas pencarian.
2. Google
memudahkan pencarian menggunakan kata kunci yang relevan. Hanya beberapa detik
saat kita mengetikkan kata kunci, google menawarkan beberapa kata kunci populer
dan relevan yang mungkin Anda inginkan.
3. Google
mendukung web service. Layanan ini diperuntukkan bagi software developer.
Dengan mengetahui tentang web service suatu mesin pencari, Anda tidak perlu
membuat mesin pencari sendiri untuk membuat aplikasi yang support pencarian di
web misal browser firefox, Yahoo Messenger atau flock. Aplikasi-aplikasi
tersebut support pencarian.
4. Google
melakukan pengindexan suatu halaman website secara berkala. Sehingga saat kita
update web, google dipastikan akan datang berkunjung untuk melakukan indexing.
5. Sekarang
google support terhadap pencarian berdasarkan lokasi pengunjung (localized
search). Contohnya jika anda ketikkan google.com di indonesia, maka akan muncul
ke google.co.id.
6. Sangat
enteng dan cepat diakses.
Kekurangan Google
1. Perkembangan
website yang sangat cepat tidak mendapat bandingan dari kecepatan index google,
sehingga kadang artikel yang kita buat sekarang baru terindex beberapa menit
bahkan sampai berhari-hari.
2. Kadangkala
hasil pencarian tidak relevan, meskipun google telah berusaha menampilkan hasil
yang relevan. Kadang hasil pencarian hanya membuat kita berputar dari web ke
web yang lain.
3. Aktifitas
link spamming yang tidak terbendung untuk mengangkat posisi website jika tidak
bisa dibedakan search engine dengan link natural akan menyebabkan akurasi
pencarian melemah.
4. Tidak
bisa mengindeks halaman tertentu. Beberapa website yang memakai konten dinamis
tidak bisa diindex. Biasanya website seperti ini dihalangi oleh form yang
mengharuskan inputan. Form inilah yang menyebabkan website dimanis sulit
terindex dengan baik.
2. Yahoo
-Pengertian:Yahoo! Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.
Yahoo dirintis
oleh Jerry Yang dan David
Filo pada bulan Januari 1994 dan diresmikan sebagai badan hukum pada tanggal 1
Maret 1995. Pada tanggal 13 Januari 2009, Yahoo mengangkat Carol Bartz, mantan
kepala eksekutif Autodesk, sebagai kepala eksekutif dan anggota dewan direksi
Yahoo yang baru. tetapi yahoo juga memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan ,
yaitu:
-Kelebihan:1. sebagai surat menyurat
2. salah satu web yang menyediakan fasilitas gratis.
3. banyak fasilitas yang disediakan,
4. berhubungan dengan orang lain lebih mudah dan banyak yang menanggapi karna termasuk situs lokal
-Kekurangan:
1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2. sering disalahgunakan karna terlalu mudah membuat ID
3. Skin untuk YM masih sangat simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
3. Webcrawler
-Pengertian: Sebuah web
crawler adalah program otomatis yang relatif
sederhana, atau
script, yangmetodis scan atau "menjelajah"
melalui halaman internet untuk membuat indeks dari data itu
cari; program-program ini biasanya dibuat untuk
digunakan hanya sekali, tetapi mereka dapat
diprogram untuk penggunaan jangka
panjang juga. Ada beberapa kegunaan untuk program ini,
mungkin mesin pencari paling populer yang menggunakannya untuk
memberikan peselancar web dengan situs yang relevan.Pengguna
lain termasuk ahli bahasa dan peneliti pasar,
atau setiap orang yang mencoba untuk mencari informasi dari
internet dengan cara yang terorganisasi. Nama alternatif
untuk web crawler termasuk web spider, web robot, bot,
crawler, danpengindeks otomatis. Program crawler dapat
dibeli di Internet, atau dari banyak perusahaan yang
menjual perangkat lunak komputer, dan program dapat didownload
untuk kebanyakan komputer.
-Kelemahan :
Mengingat dia sejatinya mesin atau program, kita mesti menyesuaikan (semisal konten yang berguna) agar web crawler juga tahu bahwa halaman yang sedang dijelajahinya berisi informasi bermanfaat. Sebab, mesin web crawlerc menandai proses-proses tertentu dalam situs sebagai kelemahan. Misalnya, halaman-halaman yang lamban saat dipanggil mungkin dilewati begitu saja. Atau, lantaran konfigurasi situs tidak terlalu bagus membuat si web crawler kurang efisien kala mengeksplorasi. Lalu, dia lebih fokus pada beberapa halaman dan melewatkan yang lain padahal mungkin isinya penting. Ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi situs ritel besar yang banyak mengandung konten dinamis, yaitu halaman web yang kompleks (misalnya konten yang dipersonalisasi).
-Kelebihan :
Proses sebuah web crawler untuk
mendata link – link yang terdapat didalam sebuah halaman web menggunakan
pendekatan regular expression. Crawler akan menelurusi setiap karakter yang ada
untuk menemukan hyperlink tag html (<a>). Setiap hyperlink tag yang ditemukan
diperiksa lebih lanjut apakah tag tersebut mengandung atribut nofollow rel,
jika tidak ada maka diambil nilai yang terdapat didalam attribute href yang
merupakan sebuah link baru.
4. MSN
-Pengertian : MSN adalah search
engine yang ada pada umumnya ( dari Mics )
Kelebihan dan kekurangan sama dengan SE lain di email seperti Yahoo! ( ymail ) Google ( Gmail ) dan lain lain.
Sehingga dapat kita simpulkan msn sama seperti yang lainnya.
-KELEBIHAN
1.
mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam formatfile spesial.
-KEKURANGAN
1.
pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil
ditampilkan di halaman MSN.
2. Pengguna juga sulit
membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan
iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya
5.Live Search
Pengertian: Pengembangan yang
terus dilakukan oleh Microsoft menghasilkan keputusan untuk memisahkan mesin
pencari dengan Windows Live. Pada akhirnya Microsoft mengubah nama
mesin pencarinya menjadi Live Search, yang kemudian
dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter.
Reorganisasi yang dilakukan ini, menimbulkan banyak perubahan dalam kebijakan,
misalnya menghentikan beberapa produk seperti W Expo, Live Search Macros, dan
sebagainya.
6.Looksmart
-Pengertian ;search engine ini
adalah mesin yang di tangani secara manual
-Kelebihan:menyediakan produk iklan
dan layanan pada masyarakat
-kekurangan: search engine ini tidak gratis/berbayar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar